Alat Teknisi

Peralatan Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Teknisi Komputer dan Jaringan

ALAT-ALAT TEKNISI KOMPUTER
toolset
jika sobat ingin menjadi seorang teknisi yang profesional maxsimal perlengkapan sobat seperti gambar diatas,namanya toolset, didalamnya sudah lengkap dari obeng, gelang statis, kuas, tang cucut, multimeter digital, dan lain-lain. Namun pertanyaan apakah sobat punya cukup uang untuk membeli alat seperti digambar atas jika tidak ada jangan memaksa, Seperti yang saya bilang diatas tidak harus memiliki semuanya, intinya jika menurut itu sobat penting ya....dibeli namun jika tidak penting, tidak usah dibeli. Alat-alat wajib maupun pelengkap dibawah ini tidak harus sobat punya semua, yang paling penting itu obeng sama perangkat penyimpanan,saya dahulu cuma mempunyai dua alat itu namun sudah mampu menjadi seorang teknisi. Berikut adalah alat-alat untuk menjadi seorang teknisi.



1.Obeng

obeng

Obeng adalah alat yang paling penting jika ingin menjadi seorang teknisi, jika sobat tidak punya obeng jangan pernah harap menjadi seorang teknisi, obeng merupakan alat yang sangat penting dalam melakukan perbaiki periferal, obeng sangat berguna sekali dalam membokar dan memasang komponen pc yang akan diperbaiki. Belilah obeng yang bentuknya besar dan panjang kalau bisa yang lengkap baik itu min atau plus, kalau bisa yang ada magnetnya supaya memudahkan kita saat memasang sekrup, kurang lebih seperti gambar di atas, namun jika tidak punya uang cukup belilah yang biasa saja.

2. Gelang statis
 Gelang statis

Gelang statis digunakan untuk mencegah orang terkena setrum pada saat memperbaiki pc serta dapat menghidarkan komponen dari kerusakan yang di akibatkan dari listrik statis yang ada pada tubuh kita.

3.Kuas
Kuas

Kuas digunakan untuk membersihkan komponen pc dari debu dan kotoran-kotoran yang menyebabkan kerusakan. Salah satu penyebab komputer sering rusak dan panas karna adanya debu yang menepel di periferal, debu dan kotoran  biasanya banyak menempel difan(kipas) sehingga panas yang ada dalam komputer tidak bisa dikeluarkan oleh fan karna terhalangi debu atau kotoran yang sudah seperti jaring laba-laba,jika sudah begitu maka peran kuas sangat dibutuhkan dalam membersihkan periferal atau komponen-komponen pc.

4.Penghapus
Penghapus

penghapus banyak digunakan oleh teknisi untuk membersihkan kuningan dalam perangkat komputer, seperti RAM dan VGA card yang bermasalah, biasanya teknisi akan membersihkan RAM atau VGA card yang tidak berfungsi dengan menggunakan penghapus. Dan membersihkanya tidak sembarangan ada tekniknya, yaitu bersihkan kuningan RAM maupun VGA dengan alur searah, jangan dibolak balik.

5.Thermal paste
Thermal pasta

Thermal paste atau pasta pendingin digunakan untuk mendinginkan heatsink processor, chipset northbridge, chipset southbridge, dan chipset VGA Card. jika sobat seorang taknisi maka sobat harus memiliki alat yang satini, alat ini sangat dibutuhkan oleh seorang teknisi. Bila komputer cepat panas atau hang, para teknisi biasanya akan memberikan thermal paste ini di heatsink processor, sehingga dengan pasta tersebut komputer tidak lagi cepat panas atau hang.

6.Kain pembersih dan Thinner
Kain pembersih dan Thinner
kain pembersih dan thinner digunakan membersihkan noda yang tidak bisa dibersihkan oleh kuas artinya noda tersebut sudah melekat pada periferal, maka dibutuhkan lah kain dan thinner, biasanya teknisi menggunakan tinner agar matherboard komputer yang mati totaldapat hidup kembali, karna didalam tinner terkandung ion yang mampu menghidupkan kembali motherboard.

7.Perangkat keras Penyimpanan (Flashdisk,Harddisk Eksternal, dan CD/DVD)

Perangkat Penyimpanan

perangkat keras penyimpanan digunakan untuk menginstall ulang sistem operasi(OS) yang rusak dan digunakan juga untuk menginstall ulang driver yang bermasalah atau belum terinstall, jadi alat ini sobat harus punya, pastikan dalam perangkat penyimpan itu sudah terdapat sistem operasi (OS), Driver Komputer, dan aplikasi standard lainnya seperti ms.office, browser, pemutar film, pemutar audio, mozilla, notepad, dan lain-lain. Jika Driver sobat hanya untuk komputer tertentu saja maka sobat bisa dowload driver untuk semua komputer di internet, sobat bisa download driver pack tapi sayang driver ini kapasitasnya besar yaitu sekitar 4GB, munkin karna driver ini digunakan untuk semua komputer jadinya kapasitasnya besar, namun jika anda ingin menjadi Teknisi profesional kenapa tidak, silahkan download korban kouta. Tapi ada juga kok driver semua komputer yang kapasitasnya kecil,saya sarankan juga sobat punya aplikasi hirens atau sejenisnya, karna didalamnya terdapat aplikasi untuk mempermudah kerja para teknisi.

8.Tang
Tang

Tang digunakan untuk memegang kepala skrup atau menarik dan memasukan jumper yang kecil.

9.Mini Vacuum cleaner

Mini Vacuum cleaner
Mini vacuum cleaner difokuskan untuk menghisap debu yang sulit dijangkau. Di bagian ujungnya terdapat sikat halus yang bisa sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Mini vacuum cleaner banyak beredar untuk PC dan laptop karena menggunakan port USB.cukup simple kan alatnya.

Peralatan Pelengkap Teknisi
1.Multimeter Digital

Multimeter Digital

Multimeter Digital digunakan untuk Mengukur tegangan DC, Mengukur tegangan AC, Mengukur kuat arus DC, Mengukur nilai hambatan. Biasanya digunakan untuk mengecek kabel power putus atau tidak, atau mengecek komponen seperti ram, vga apakah masih hidup atau tidak.

2.Crimping Tool
Crimping Tool
Alat ini berfungsi untuk memotong dan mengupas kabel UTP dengan fungsi utama yaitu untuk mengunci Rj 45 yang sudah terpasang pada kabel Ethernet, jika anda memang seorang teknisi komputer jaringan maka anda harus mempunyai alat ini, alat ini sangat penting jika kabel UTP atau RJ45 mengalami masalah.

3.LAN Tester

  LAN Tester
LAN tester digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasang RJ-45 atau RJ-11, alat ini dapat mengecek hasil kabel ethernet yang kita buat sudah bagus atau belum, usahakan untuk mempunyai LAN tester karena di lapangan sering terjadi dissconnected cabling baik karena RJ45 nya yang rusak ataupun putus pada kabel itu sendiri.

4.Lem Tembak
Lem tembak

Lem tembak biasanya digunakan oleh para teknisi printer untuk menempelkan tabung tinta dan selang tinta pada printer.

5.Hairdryer 
Hairdryer

Hairdryer digunakan untuk mengeringkan motherboard setelah dibersihkan oleh tinner dan kuas. Biasanya jika motherboard komputer mati total lalu chipset nouthbridge dan saouthbridge dipanaskan atau dikeringkan oleh hairdryer maka motherboard yang awalnya mati bisa hidup kembali, apalagi yang paling ampuh saat habis dibersihkan sama tinner lalu dikeringkan dengan menggunakan hairdryer maka dengan ampuhnya motherboard hidup kembali.

6. Blower

Blower

Air blower adalah mesin yang berfungsi untuk menaikan atau menurunkan tekanan udara. Sederhananya, air blower dipakai untuk meniupkan angin atau menyedot angin dengan tekanan tinggi,sehingga dari hempasan atau sedotan tersebut pc kita menjadi bersih. Cocok untuk membersihkan "jeroan" PC dalam waktu singkat. Cukup buka casing, lalu semprotkan angin kencang dari blower. Namun air blower tidak mampu membersihkan hingga bagian-bagian terkecil.



Bagaimana sekarang sobat sudah siap kah menjadi seorang teknisi komputer, alatnya gampang dicari kok asal ada uangnya. Lalu kenapa alatnya banyak alat pembersih ya..? karna salah satu penyebab komputer cepat rusak adalah kotoran, bahkan rata-rata setiap orang yang mengalami kerusakan pada komputer mereka tidak lain disebabkan komputernya kotor, banyak debu yang menepel sehingga menutup chips, kotoran sudah membentuk jaring laba-laba sehingga membuat fan lambat putarannya atau berhenti berputar. Kotoran adalah musuh utama Komputer begitupun musuh utama para teknisi, jadi jika anda seorang teknisi siap-siap menghadapi komputer kotor, jika anda tidak punya alat yang cukup canggih, maka dibutuhkan banyak waktu untuk membersihkannya. Jadi sering-seringlah membersihkan komputer sobat agar tidak terjadi kerusakan yang fatal, bukannya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Belajarlah dari sekarang jangan tunggu hari esok karna kita tidak tau apa yang akan terjadi di hari esok, karna cuma dengan ilmu saja kita sakan bisa menghadapi hari esok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Internet dan Eternet